. Sifat tanaman

SIFAT TANAMAN

Agar tabulampot  dapat berbuah juga di lihat dari sifat tanaman, yang terdiri dari, pemilihan bibit, umur tanaman, dan karakter tanaman.

Pemilihan bibit

Hampir semua tanaman bisa di tanam di dalam pot,tetapi kita harus cermat memilih tanaman yang cocok untuk di tanam di tempat kita tinggal, jangan sampai kita tinggal di tempat dataran rendah , akan tetapi yang kita tanam adalah  tanaman dataran tinggi, memang ada beberapa kasus tanaman  dataran tinggi bisa kita tanam dan bebuah di dataran rendah, sebaliknya.

Pemilihan bibit juga salah satu factor penentu keberhasilan dalam membuat tabulampot berbuah.Bila kita memilih bibit dari biji(generative), selain berbuahnya lama, juga buah yang akan di hasilkan akan berbeda dengan induknya. Lain halnya jika kita memilih bibit dari asal vegetatif (okolasi, stek, cangkok, sambung susu, sambung pucuk), bibit yang beasal dari perbanyakan secara vegetatif akan cepat berbuah dan sama dengan induknya. Bibit yang perbanyakan nya secara vegetatif pada umumnya pendek, ini sangat cocok untuk tabulampot, dan pastikan bibit bebas hama dan penyakit, pastikan pula bibit itu berasal dari bibit indukan yang unggul. Membuat tabulampot dimulai dari bibit akan menghasilkan tanaman pendek, cantik, dan kokoh

Umur tanaman

Percepatan berbuah tanaman juga bergantung dari umur bibit tanaman,pada umur 1,5 tahun atau kurang, Belimbing, jamu biji, jambu air,jeruk, lengkeng, sudah bisa berbuah, bahkan jambu biji,kedondong Bangkok, dan belimbing bisa berbuah di bawah umur 1 tahun, lain halnya durian (montong), selain perlu perawatan yang extra khusus durian bisa berbuah sekitar berumur 4-5 tahun. Contoh lainnya adalah , mangga chokanan belajar berbuah pada umur 6-12 bulan, mangga asal Thailand ini paling lama berbuah umur 1.5 tahun, mangga manalagi,okyong sekitar 2,5 tahun,lain lagi dengan mangga gedong gincu dan Irwin (mangga asal Australia) di sekitar umur 3,5 tahun, baru belajar berbuah, Jambu air lilin lebih cepat berbuah dari pada jambu air citra.

Karakter tanaman

Semua jenis tanaman mempunyai karakter  yang berbeda, di bawah ini contoh tanaman satu jenis tapi mempunyai karakter batang yang berbeda,mangga okyong dengan mangga harumanis;jambu air citra dengan jambu air lilin ;lengkeng pingpong dengan lengkeng diamond river, karena mempunyai karakter yang berbeda berarti dalam perawatan/ pemangkasan juga di perlakukan berbeda.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: