cara stek tanaman buah

STEK TANAMAN BUAH,

Ada beberapa cara orang melakukan penyetekan, mulai yang sederhana,  system sungkup, system ini   bisa dibagi menjadi dua, yang pertama secara individual dan  kedua secara comunal, dan yang sedikit modern,  system mistroom.

Tanaman yang sudah berhasil, diantaranya, stek jambu air citra, stek jambu bol jamaika, stek lengkeng, stek apel india ,stek beach cherry, stek mirackle fruit,stek jambu biji , stek kupalanda / stek anggur brazil / stek jaboticaba , stek durian , stek srikaya new varietas ….

I. SYSTEM MISTROOM

Bahan pembuatan mistroom,

A. Ruangan

1.Paranet

Gunakan paranet 75%, paranet berguna  sebagai penghalang matahari     langsung dan hama  penyakit, di ruang mistroom.

B. Irrigation System

1.Pompa

Pompa 250w, untuk 60m2.

2.Pipa dan fitting

mistter 30 buah, electric  valve 1 buah, pipa dan fitting

   

           Gbr.mistter                         Gbr. electric valve

3.Controler

Timer H3CR(Omron) 2 buah, timer24 jam 1 buah,  Trafo 5A

( in 220vac out 24vac) 1 buah, kabel , box panel

      

            Gbr. H3CR                         Gbr.Timer 24 jam              Gbr, trafo

                                                            Gbr. Wiring diagram.

4. Alat dan bahan,

   

Gbr.1  Alat yang di gunakan di antaranya gunting dan pisau, gunakan gunting yang tajam agar menghasilkan potongan yang sempurna.

Gbr.2  Bahan media yang di gunaka adalah oasis basah. Jika tidak ada, bisa menggunakan sekam bakar,cocopit, pasir (pasir malang) sebagai pengganti, dengan perbandingan 3;2;1.

Gbr.3  Ada dua macam hormon yang digunakan, yang pertama berbentuk bedak (rapid root ) produk ini banyak di jual di pasaran,dan kedua yang berbentuk cair, ini produk sendiri (istana alam) dengan bahan aktif IAA ( Idol Asetat Acid ) ditambah makro dan mikronutrient +Vitamin B1 dan Bakterisida.

   

Pengambilan pucuk tanaman sebaiknya di lakukan di pagi hari, pilih pucuk tanaman dorman atau masa inaktif.

   

Jika pucuk tanaman diambil dari  jarak yang jauh, untuk menjaga kelembaban , kita gunakan koran ( diberi cipratan air oleh tangan) sebagai media, dan dimasukan ke styrofoam box.

   

Potong pucuk seperti gambar ( satu knot/buku jika jenis tanaman yang mempunyai knot panjang , banyak knot jika tanaman yang mempunyai knot/buku yang pendek, seperti jaboticaba ), kira- kira sepanjang 3 sampai 4cm.

Potong sebagian daun jika tanaman yang mempunyai karakter daun besar, kurangi daun  jika tanaman yang berkarakter kecil.

   

Gbr.1. Campur hormon akar (cair) , 10cc/4liter air.

Gbr.2. Rendam pucuk/ hasil stekan .

Gbr.3. Colek ujung stekan ke hormon akar ( bedak).

   

Gbr. 1. Tancapkan stekan ke oasis

Gbr.2. Taruh di tray semai

Gbr.3. Taruh di mistroom

   

   

   

Ganbar di atas bearti sudah di pastikan stekan kita berhasil.

   

Gbr. 1. Poting hasil stekan dengan media tanam sekam bakar dan cocopit (2:1 ), setelah di pot,taruh kembali di mistroom, biarkan sekitar satu minggu . Jika sudah terlihat ada pertumbuhan (akar menjalar di media baru ) keluarkan dari mistromm dan taruh ditempat teduh ( dibawah net 75% ), siram 2 kali dalam sehari.

Gbr.2. Jika sudah ada tanda tanda pertumbuhan seperti gambar di atas, taruh di bawah matahari langsung.

Gbr.3. Tanda jika stekan tumbuh optimal.

   

Gbr.1. Dengan melihat pertumbuhan akar kita bisa simpulkan hasil stekan tumbuh optimal, dan siap di repotting.

Gbr.2. Tanaman dalam masa growing.

Gbr.3. Tanaman tumbuh dengan optimal.

Karena banyak yang bertanya bagaimana cara stek tanaman yang sederhana, dibawah ini saya muat bagai mana cara stek tanaman yang paling sederhana dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi,

20140413_131732

1.siapkan tempat untuk tempat penyungkupan, pastikan tempat steril, tempat bisa di bawah pohon(sinar matahari tetap ada) atau lebih bagus di bawah paranet 70%.

2. siapkan media untuk stek, berupa tanah merah murni (tanah merah super/gembur, biasanya kita ambil di kedalam 1m)

3. masukan media tanah ke pot/aqua cup bekas/polybag.

4.siram dengan fungisida.

5. stek tanaman .

6. oleskan ujung stekan ke hormon akar.

20140413_131658

7.tancapkan stekan ke media.

20140413_131720

8.siram denngan air seluruh hasil stekan lalu sungkup dengan plastik cor/uv, pastikan plastik tidak ada sedikitpun yang robek, janga sampai ada udara luar yang masuk kedalam sungkupan. biarkan jangan dibuka buka tergantung karakter tanaman ( tanaman untuk keluar akar berbeda beda) kebetulan contoh di atas pucuk merah saya diamkan sekitar 1 bulan ( keluar akar)….

20140413_131708

9. satu bulan, sudah ada tanda tanda kehidupan (keluar akar)

10.bongkar sungkupan, siram dengan air pagi sore , biarkan 2-3 hari

20140413_131739

11.pot hasil stekan, taruh tempat teduh (sinar matahari tetap masuk) biarkan 1mingguan.

20140413_131901

12. tanaman siap kena sinar matahari langsung

Demikian semuga berguna bagi kita semua

181 Comments

181 thoughts on “cara stek tanaman buah

  1. pak,, blh minta nomor hapenya,,,, saya butuh panduan yang lebih rinci

  2. leyka.sondakh

    I wonder how ..OMG

  3. AGUS ROSIDI AROSYID

    makasih..info2nya pak..mohon ijin sy share nggihhh..???

  4. pak budi mau tanya mistter 30 buah, electric valve 1 buah, pipa dan fitting gunanya untuk apa ???????? terima kasih

    • Semua alat yang ibu sebut di atas adalah untuk membuat mistroom. …Mistroom adalah suatu ruangan yang kelembabannya selalu di jaga……….

      • makasih pak atas infonya……..

      • rida ismi

        hello Mr budi …
        saya mw tnya nih jika gak gunakan mist room kita bisa gunakan cra cup aqua qn..
        gmn caranya dan apakah tidak dsiram?
        tolong pak detil jwbnya coz saya pemula pak..

        makasih pak…

      • untuk ibu rida ismi ; pakai aqua cup juga bisa ibu , cara ini pernah saya pakai untuk perbanyakan mandevila, tingkat keberhasilannya 80% ;bolongi aqua cup bagian bawahnya ; isi media tanam dengan media tanam steril , ( boleh, pakai tanah merah murni / kedalam 1m , biasanya dikedalaman ini tanah merahnya steril ) ; stek tanaman ( seperti contoh di atas ) ;tancapkan ujung stekan ke hormon akar ; tancapkan stekan ke tanah merah/ media tanam di dalam aqua cup tadi , 1 aqua cup 1 stekan ; bungkus aqua cup dengan plastik ukuran 1kg ; ikat plasti yang terbuka dengan tali plastik ; gantung aqua cup di teras rumah…usahakan aqua cap terkena sinar matahari pagi ( kira kira 2 jam matahari pagi , sinar matahari sangat penting ,,…….tidak perlu disiram ibu ya…..selamat mencoba…….

  5. triyuliyanto

    dimanakah kta bsa dapatkan hormon untk stek tanaman..?

    • Mas tri, yang jual secara online banyak. ..Coba tanya “om google” !

      • iksan

        sangat baik, berminat mempelajari lebih mendetail stek tanaman lengkeng. dimana saya mendapatkan.

  6. wawan marley

    Mas budi mau tanya media tanam u steknya terbuat dr apa…?

  7. endang

    oasis dr batu apa pak. kok warna n ya hitam. dimana bs mendapatkan nya?

    • oasis bahan dasarnya terbuat dari batu yang di haluskan ( jadi debu )…ibu mungkin bisa beli di toko pertanian atau tempat bunga potong, oasis basah yah bu, soal nya oasis ada dua macam, ada yang basah dan kering…yang kering biasanya untuk bunga potong, dan yang jenis ini tidak bisa basah/walau kita rendam sekalipun…selamat mencoba.

      • isomuddin

        bu,,, oasis itu apa ya bu,,, saya pengen mencoba menyetek tapi bingung dengan bahan2 nya

  8. Hakim Kalimantan

    Hakim Kalimantan Tengah, Sangat memberikan manfaat bagi saya cara stek tanaman yang Bapak tulis. Saya mau mencoba teknik Bapak untuk menyetek kelengkeng dataran rendah yang sudah kami budidayakan di Kapuas Kal-Teng. Tks semoga tetap sukses!

  9. Rustam

    salam kenal pak budi, saya mau tanya…bahan stek sprt oasis dan hormon apakah bs dipesan melaui bapak ? bisa ga klau belinya cuma sedikit ? terima kasih…

    • mas rustam, sementara ini saya ngk jual…tapi akan dipertimbangkan….besi secara online banyak mas…..

  10. akhmad

    kira2 berapa duit om merakit ruangan mistroom, mkasih

  11. irul

    salam kenal pak budi, saya mau tanya, ukuran2 pada mistroom yg baik itu apa saja pak? dan berapa nilai yg baik untuk masing ukuran? terimakasih :)

    kalo boleh minta referensi pembuatan mistrrom?

    • salam kenal juga mas, apa yang di maksud ukuran pipa, pompa. ……..mas?saya kurang mengerti yang di maksud?

  12. andy

    pak budi.. kira2 stek sampe tumbuh akar dan siap di tanam berapa lama?

    • karakter tanaman,perlakuan dan hormon akar, sangat mempengaruhi lama,cepatnya tumbuh akar,ada yang 14 hari dan pernah juga ada yang sampai 60 hari,tumbuh akar dan siap pindah ke pot yang lebih besar..
      tercepat pernah pada jambu bol jamaika, 7 hari sudah keluar akar…….

      • andy

        tapi kalo misalkan hanya pake perangsang akar yg serbuk + ga pake oasis ga apa2 gt pak?

      • media tanam stek banyak macamnya…ada yang memakai ; ( tanah merah murni ) ; ( sekam bakar,cocopit, pasir ) ; ( sekam bakar murni ), dll. ini biasanya di sesuaikan dengan mudah tidaknya media yang tersedia…

  13. yudha

    hormon akar yang cair berapa harganya mas klw beli, & mereknya apa

  14. dinda salsabila sari

    permisi pak, budi saya mau bertanya,
    apakah ada cara yang lebih mudang untuk meng stekk tanaman?

    • Ada dinda salsabila sari, secara sungkup, ada yang individual atau komunal….secara individual contohnya, stek tanaman, tancap di aqua cup, dibungklus plastik transparan ukuran 1kg, ikat ujung plastik, dan gantung di bawah pohon atau tempat teduh, tetap harus terkena sinar matahari, akan lebih baik matahari pagi ….
      ada beberapa tanaman yang bisa tanpa perlakuan khusus…stek,taruh di tempat teduh ,dan siram pagi sore sudah cukup…

  15. reza

  16. yusuf

    apakah kualitas stek tanaman buah hasilnya akan sama dengan tanaman yang dicangkok?

    • budi santoso

      sudah pasti pak, akan sama dengan induknya…

  17. wahyu satria

    pak budi, saya mau tanyak ne, saya belik horomon akar di tempat pertanian kok cuman satu yang di kasi nya?? apa itu bisa y pak, dia kasi cuman hormon bedak saja, merek nya pun berbeda dengan yang pak budi but di blog ini….????

    • budi santoso

      hormon akar, ada yang berbentuk bedak dan cair. Yang sering dijual bebas, memang kebanyakan berbentuk bedak, yang cair biasanya produk lokal atau lab membuat produk sendiri…bahan dasar keduanya biasanya sama…
      soal merk ngk masalah, yang penting bahan dasar dan peruntukanya sama…
      keluar akar setiap tanaman mempunyai karakter yang berbeda , ada yang mudah keluar akar dan ada yang sulit, mangkanya produk produk luar bianya berbeda beda, disesuaikan dengan karakter tanaman, sedangkan di indonesia produk produk yang seperti itu jarang kita temukan

  18. pak,,kalau tidak mengunakan elektrik itu bisa gak,,cara sederhananya?

  19. wayan

    pk,,,,saya mau tanya ruang mistroom yg ideal itu berapa m2 ya??mistternya berfungsi sebagai apa dan di letakan dimana???untuk settingan timer h3cr berapa mnit kalau timer 24 jamnya brapa jam???terimakasih….salam kenal…

    • ukuran mistroom tergantung berapa banyak kita akan pruduksi, settingan h3cr antara 10 sampai 20 menit sekali, tergantung cuaca…….mistter adalah sebuah benda jika kita beri air yang bertekan antara 3 sampai 4 bar, air tersebut akan berubah menjadi kabut/ bintik bintik air yang lembut, letak mistter persis di atas hasil stekan….timer 24 jam berguna memutus/ menghubung hubungan listrik ke system
      biasanya di setting pukul 6 pagi sampai 6 sore system terhubung.( on )…..pukul 6 sore sampai 6 pagi system terputus ( off )

  20. Trimakasih Pak Guru Budi Santosa,
    Pelajaran yang sangat berharga, semoga ilmu ini membuat lebih hijau indonesia kita dan semakin menjauhkan masyarakat dari bahaya kelaparan. Semoga selalu berhasil. Salam untuk semua!

  21. Terima kasih banyak. Informasinya sangat membantu. Langsung mau dicoba. Semoga nanti bisa kembali ke sini untuk lapor hasilnya.

  22. robbey hansen

    pak saya mw tnya apakah setelah tanaman di stek trus masih dalam proses penumbuhan akar diberi pupuk cair, ato hny disiram dgn sprai air biasa saja, dan perlakuan selama menunggu akar tumbuh bagaimana pak?…
    sekedar info saya penghobi aquatic plant biasax perbanyak tanaman dari batng yg dipotong lgsg saya masukkan di dalam aquarium, kebetulan saya membaca treat ini siapa tahu dengan trik ini bisa memperccepat proses pembibitan tanaman..
    trima kasih

    • dalam proses pertumbuhan akar, cuma disiram air biasa saja, tidak disiram air pupuk apapun,..perlakuan selama menunggu akar keluar hanya menjaga kelembapan di sekitar stekan….

      selamat mencoba..

  23. Vera

    Pak Budi, salam kenal. Saya ingin tanya, berarti daun yang telah dipotong itu harus dijaga supaya tidak sampai kering ya, Pak ? Apa teknik ini bisa untuk tanaman ini : jambu monyet, belimbing, rambutan? Terima kasih sebelumnya.

    • betul ibu vera, daun tanaman di dalam mistroom harus kita jaga agar selalu basah , untuk jambu monyet, belimbing dan rambutan, ketiganya saya belum pernah saya coba,,tapi saya yakin bisa,,,,selamat mencoba

  24. iksan

    sungguh baik, dimana sy dapat mempelajari lebih mendetail stek tanaman lengkeng.

  25. joko siswanto

    mantap informasinya boss. makasih pak budi.

  26. Khailani

    Pak Budi,
    Sejak mulai pertumbuhan akar hingga berbuah pertama kali membutuhkan waktu berapa lama? terutama tanaman yang sudah pak Budi stek. Terima kasih

  27. Terima kasih infonya,
    Daerah kami sangat cocok untuk jenis tanaman apel, hal ini dibuktikan dengan bibit Apel dari Pemerintah yang dapat tumbuh dan berbuah besar2 dengan rasa manis serta kualitas super 5-8 buah.
    kami ingin membudidayakan dengan cara stek, namun penjelasan dari anda diatas menggunakan jenis2 pupuk dan media yang sulit kami cari, tolong beri kami penjelasan secara sederhana, mengingat tempat tinggal kami sangat terpencil jauh dari jangkauan pasar dan jalan raya, kami berada di punggung gunung Merbabu Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kab, Boyolali, jika berkenan tolong kirim ke alamat gmail kami lasino77@gmail.com

  28. Cara yang anda sampaikan selain belum saya mengerti, misalnya cara ministrom, belum bisa dilaksanakan, cara sederhana saja, sebagai pohon induk akan kami pakai dari daerah kami yang telah ada

  29. untuk hormon cair dan bedak Gbr.3 Ada dua macam hormon yang digunakan, yang pertama berbentuk bedak (rapid root ) produk ini , ini produk sendiri (istana alam) dengan bahan aktif IAA ( Idol Asetat Acid ) ditambah makro dan mikronutrient +Vitamin B1 dan Bakterisida. kami belum paham jenis dan cara mendapatkanya.
    Gbr.2 Bahan media yang di gunaka adalah oasis basah kami belum tahu jenisnya.
    kami adalah petani desa yang sangat belum paham bahasa pertanian.
    Jenis tanaman yang akan kami stek adalah jenis Apel

    • joko siswanto

      harga oasis satu dus 120.000 mas, isi 20 batang. nnti di potong kecil2 untuk stek.

      • yuda

        pak dimana sy bisa mendapatkan oasis basah?

  30. harto

    terima kasih pak semua yang diterangkan sangat berguna bagi para pemula dan merupakan kabar gembira buat pecinta tanaman

  31. harto

    tanya sekali lagi pak, kalau kita menggunakan bahan stek yang ukuran panjang batangnya kira kira 10 – 15 cm bisa tidak

    • bisa saja pak, kenapa saya selalu memakai satu buku/ knot jika hasil stek behasil / berakar saya mengharapkan tunas pertama itu akan menjadi batang utama/ primer, dengan begitu akan menghasilkan batang primer yang kokoh dan pertumbuhanya cepat…

  32. pak budi.
    kalo gak pake elextrik atau mistroom bisa gak?
    terus caranya gimana?
    mkasih

    • bisa bapak ali, siapkan media tanam, aqua cup, dan plastik bening ukuran 1kg, taruh media tanam di aqua cup,lalu stek tanaman, tancapkan ke media tanam ( di dalam aqua tadi ), bungkus dengan plastik bening ukuran 1kg tadi, bungkus dan gantung di bawah net 75% atau naungan tapi tetap terkena sinar matahari pagi , yah 2 sampai 3 jam sudah cukup, selamat mencoba….

      • Pak. Alwi _kendal

        maaf pak.
        tolong daftar harga bibit stek di kirim ke email saya pak.
        soalnya saya butuh banyak untuk di jual lagi.
        makasih.

    • maaf pak ali untuk sementara ini tidak melayani penjualan…..

  33. pak, menurut bapak kalau untuk stek daun jeruk itu hormon yang paling baik itu apa?

  34. dika iskandar

    atrtikelnya bagus :),tapi mohon lebih rinci lagi :)

  35. untuk stek pucuk bagus buat tanaman apa aja ni?

  36. rieqha

    selain dgn mnggunakn cra mistrom..
    ad ge gk pak cara lain…tp dgn metode yg sm..???

  37. Fais Al Rasyid

    Salam kenal pak Budi, saya mau tanya kl perendaman bahan tanaman yg mau di stek ke media campuran hormon cair + 4 lt air itu butuh waktu berapa lama ya??? Terima kasih.

  38. pak oasis itu dari apa an

  39. Aris Wardaya

    Mantabs……

  40. shoni

    maw nanyak pak apa memang bisa jambu bol jamaika bisa di stek sedangkan dicangkok saja susah apalagi di stek trimmm,,,

    • jambu bol jamaika distek 3hari sudah ada yang keluar akar, dan tingkat keberhasilannya cukup tinggi….saya juga pernah mencangkok, 2 bulan belum keluar akar….

  41. khoza

    salam kenal pak, mau tanya tentang tanaman sayur2 an yang mempunyai batang pohon, apkah bisa di stek juga ?contoh : cabe rawit, cabe merah

    • saya pernah stek cabe pak (coba coba ) dan berhasil….

      • khoza

        untuk pengambilan bibit untuk distek, yang bagaimana ?

      • pada saat dorman / tidur / saat tidak ada daun muda / bagian pucuk daun sudah kita anggap tua, adalah waktu yang baik untuk distek..yang lebih bagus lagi pada saat bagian pucuk mau akan keluar daun muda, biasanya saat ini sangat mudah keluar akar….

  42. Pingback: merpatisepuluh

  43. juni poer

    pak saya sudah pernah mencoba stek pucuk durian dengan media tanah merah murni tapi dalam waktu dua hari stek pucuk tersebut sudah layu, kenapa ya ? saya pakai perangsang akar yang berbentuk bedak, mohon penjelasannya.

  44. khansa Mduro

    mohon penjelasannya jika media tanam menggunakan sekam bakar,mohon bantuannya.terima kasih Pak budi

    • jika pakai sekam bakar jangan lupa diberi dolomit secukupnya atau cuci sekam bakar dengan air……coba pakai tanah merah murni ( di kedalaman 1 meter ) pak! media tanah juga cukup bagus…

  45. irwansyah

    mas…setelah pemberian bedak perangsang akar,lalu di cucukkan ke oasis…
    posisi oasis gmn mas,dalam keadaan kering atau basah yaaa…

  46. irwansyah

    trima kasi mas budi atas infonya……

  47. Abdul Latief

    Terima Kasih atas Brbagi Ilmu ny..!?Mudah2n BrManfaat Buat Saya..!?

  48. darus

    Salam kenal pak,
    Mau tanya krn sy pemula, jadi dr stek ni gk ada sistem sambung menyambung? Trs yg sistem menyambung dari pohon utama di sambung dg ranting ato pohon baru disebut sistem pa pak? Trims

  49. khansa Mduro

    pupuk apa yang harus saya pakai jika pengen klengkeng tabulampot cepat berbuah,mohon bantuanya,pak Budi,terima kasih

  50. perlu waktu brp th pak budi agar hasil stek bisa berbuah, trims

  51. widodo

    beli mistter nya dimana ya?

  52. salam kenal pak Budi, saya mau tanya, kalo cabe rawit bisa di stek ngga ya,,, trmksh

  53. kiki

    apa perbedaanya antara stek dan mencangkoknya . untuk masa tumbuh dan daya tahan pohon

  54. yuda

    mas budi sy sudah coba stek jeruk tapi sudah 2 bulan kok tidak keluar akar, batang dan daunnya masih segar dan hijau sy menggunakan media pasir malang dan tutup air mineral apa penyebabnya tolong di kasih saran trims

    • wah awal yang ok tuh, coba pakai pasir malang yang halus, rongga pada media tanam juga ada sedikit pengaruh untuk keluar akar, jeruk memang lebih lama untuk keluar akar, sebelum di tancap (stekan) di media tanam,coba rendam dulu di hormon akar selama kurang lebih 1 jam,

  55. Muchtar

    Assmlkum,di sn sy msh krng paham tentng oasis,Apakh oasis tu bs d cr atau dibuat sendr pak ?

  56. Gandhi Gian

    Sepertinya menarik untuk dicoba ini….

  57. thanks atas informasinya ya pak

  58. Rifki Saputra

    pak jika tidak memakai oasis bisa tidak ?
    makasih

  59. salam…
    mas saya mau tanya, klo saya mau pesan kedua hormon tsb dan oasis basah nya gimana cara nya mas…
    tq…

  60. memet arbie adanya

    klu mau dapetin hormon cair,sama bedak di mana ya pk,saya tinggal di tangerang.

    • di sentra tanaman hias di BSD dan Alam sutra ada pak memet..saya lupa persisnya…jika sampai alam sutra coba tanya satpam pasti tau…

  61. wulannidaazhari@yahoo.co.id

    masih belajar.. n bnyk yg bl
    m sy pahami…

  62. Vembazack RM

    Wow Salam Kenal P Budi, Fantastic pa’ budi, Semoga dengan ini membawa berkah untuk p’Budi dan keluarga
    Sukses Selalu Salam Kenal Yo dari vembazack family

  63. Salam knal pak budi awal bulan november saya coba stek jambu jamaika klengkeng pimpong nangka dan sawo jumbo cara pertama pake madia spon bakas sofa yang di basahi dtaruh dalam gelas aqua tanpa tutup perlakuan setelah batang di potong saya rendam dengan kulit bawang merah 3jaman saya taruh media di bawah pohon depan rumah 3hr skali saya sprot pake hans spry yg biasa di jual d toko pakan burung ya alhamdulilah pak skitar tgl 15 desembr akar udah banyak yang kluar watu tanam pertama saya lupa poong kecil2 media sehingga akar banyak yang masuk ke spon. Kalo saya tanam dngan spon apa tidak mengganggu petumbuhan akar pak? Soalnya saya cabut akarnya banyak yang putus pak trmakasih masukanya pak

    • salam kenal juga pak romi, wah awal yang bagus pak, tidak perlu di cabut dari sponnya pak, akar tidak akar terganggu pertumbuhannya….

  64. Salam kenal.. nama saya ali wachid.
    saya pengunjung baru disini. saya baca tentang petunjuk memperbanyak tanaman diatas cukup menarik minat saya untuk belajar.
    Mungkinkah / diperkenankan saya datang ke tempat bapak Budi santoso minta diajari hingga berhasil.
    jika di perkenankan saya minta alamatnya dan kapan saya bisa bertemu.

  65. saya coba stek dengan cara potong 10cm dari batang atas terus saya rendam di cup aqua dengan kulit bawang merah bekas istri saya masak kurang lebih 1jam terus saya taruh di tempat teduh 3 hari sekali saya semprot dengan hand spray media saya gunakan pasir tanah dan kiamang 1:1:1 tanaman yang saya stek kelengkeng pingpong jambu camplong sawo jumbo jambu air merah jambu jamaika cempedak dan nangka kebetulan cuma itu bibit yang ada di tempat saya dan saudara saya alhamdulilah ber hasil smua pak bibit udah habis di bagi bagi kalo saya tanaman semua saya tidak ada tempat karna tempat tingal sempit sekarang saya coba stek lagi nati kalo berhasil lagi insya alloh saya bagi bagikan ke smua gratis……….. trima kasih ilmunya pak

  66. harwi kusnadi

    Pak Budi, bibit hasil stek misalkan durian waktu berbuah sama nggak dengan hasil okulasi? atau jambu air citra, waktu berbuahnya sama nggak dengan hasil cangkok? matur nuwun sanget

    • secara teori pasti sama pak harwi kusnadi, yang sudah terlihat hasinya adalah jambu citra, hasilnya sama persis dengan induknya pak…

  67. faikar

    Pak kalo miracle fruit berapa hari pak keluar akar nya ???saya pake hormon cair juga tapi bukan buatan istana alam bisa tidak ???

  68. faikar

    Pak kalo pake tanah merah kurang murni gimana pak sama miracle fruit berapa hari keluar akar nya ???

    • jangan pakai tanah tidak murni pak, biasanya banyak mengandung banyak bakteri, yang bisa membuat stekan gagal…

  69. faikar

    Pak kalau cara sistem sungkup bisa tanah merah kurang murni ??? Kalo miracle fruot berapa hari keluar akar nya pal? Trims dan mohon dijawab

  70. sugiman

    Pak budi saya coba stek belum berhasil ada beberapa pertanyaan.
    1.Apakah mist rom itu di buat dengan paranet saja atau di lapisi juga dengan plastik uv.
    2.Kalau baca dari awal penyemprotan di mist room berselang 20 menit tergantung cuaca, terus lamanya nyeprot berapa menit Pak.

  71. Salam kenal pak. Sy sudh mencoba stek menggunakan sistem sungkup yg bapak jelaskan di atas. saya stek srikaya,cery barbados, dan apel putsa..sya stek sudh 1 bulan lebih,.tpi yg ad tanda” hidup ceri barbados yg udh tumbuh akarnya selain tumbuh akarnya tumbuh pucuk muda. sedangkan yg apel putsa sebagian mati tapi ad 2 yg masih segar,sayangnya yg apel india cuma tumbuh pucuk muda sdangkan akarx belum kelihatan..pertanyaan sy Pak, kapan bisa di buka bungkus pelastiknya ?..apakah kalo di buka pucuknya tidak layu/mati. & apabila tetap di pertahankan di dalan bungkus pelastik apakah pucukx gk mati,.Mohon penjelasanya pak. Terimakasih.

    • karena tumbuh akar setiap tanaman berbeda, system sungkup biasanya satu sungkupan satu jenis tanaman atau cari tanaman yang sekarakter/ satu sungkupan yang sama sama mudah keluar akarnya/satu sungkupan yang sama sama sulit untuk keluar akarnya….
      sungkupan di buka setelah ada tanda tanda keluar akarnya pak…
      jika sudah ada tanda tanda pucuk muda keluar itu salah satu tanda keberhasilan pak
      teruskan saja sungkupannya pak.jika belum keluar akar…walau sdh keluar pucuk baru…..

  72. kalau srikaya lokal di okulasi dengan srikaya australi apa bisa ? cara bagaimana boss……?

    • sangat bisa pak, bisa dengan cara okulasi matatunas, sambung sisip, sambung pucuk n’ system susu….punnya email pak…nanti saya kirim cara system sambung sisip….

  73. Alex Ramses

    Salam, Saya mau tanya:
    -Stek Durian sudah pernah berhasil apa belum pak?
    -Tempat belajar stek di Parung atau Depok, alamatnya sebelah mana ya pak?

    • salam kenal pak alex,
      stek durian sudah pernah berhasil pak,di cinangka parung depok..di atas ada alamatnya pak..

      • Alex Ramses

        kapan2 saya mau main ke tempatnya pak, saya di pamulang terimakasih.

  74. sugiman

    Pak Budi saya coba lagi stek zaitun dengan cara kumunal, stek saya tancapkan di oasis yang sudah di basahi air biasa dan di kasih root up bedak terus masukkan dalam tray dan tutup plastik uv di ikat dengan karet, kalau saya masukkan hygrometer di dalam tray tertutup terbaca 99%, perlakuan nya setiap pagi sekitar jam 07.00 saya keluarkan di depan rumah sampi jam 09.00 stelah itu masuk kedalam rumah. tapi setelah 7 hari daun nya pada layu dan kering. dari sekitar 10 stek 5 yang masih agak seger.
    -Apakah terlalu kepanasan pak?.
    -Kalau baca di atas bisa di dalam sungkup sampai 2 bulan apakah media tidak kering selama 2 bulan pak?
    -Mohon gambarnya cara sungkup pak kirim email kalau berkenan.
    saya mencoba lagi sore ini dengan sungkup indibidual.
    terimakasih tanggapanya di harapkan.

    • bapak segera akan di muat sistem sungkup kumunal harap di tunggu

    • selamat mencoba cara di atas mas sugiman…selama penyungkupan tidak perlu adanya penyiraman mas…uap air di dalam sungkupan sebagai penganti penyiraman

  75. Pak Budi, saya mempedomami blog anda ini untuk mencoba membiakkan jambu citra jumbo dengan stek. Saya menggunakan floral foam yg direndam dengan larutan B1 Liquinox, kemudian untuk perangsang akar saya gunakan growtone bubuk. Namun karena kekurangan alat, saya tidak bisa membuat mist room seperti yg bapak praktekkan. Saya menggunakan mini greenhouse dari plastik yg berbentuk kubus untuk menutupi stek2 yg telah ditancap di floralfoam. Di atas sungkup/mini greedhouse itu saya pakaikan paranet 50% agar tidak kepanasan (terkena matahari jam 8-10 pagi) dan sedikit di sore hari. Penyiraman saya lakukan manual dengan sprayer 3 kali sehari, pagi, siang dan sore. Namun dihari ke 6 hari ini saya temukan banyak daun2 stek yg menguning, bahkan ada yg layu. bagaimana cara menyiasatinya pak? apa boleh kalau diletakkan full dibawah naungan? tanpa terkena matahari sedikitpun? misalnya dibawah pohon dgn intensitas matahari tinggal 10-20% saja? terima kasih pak

    • Yang perlu di koreksi sistem sungkupnya aja…
      Mas sudah baca cara sungkup di atas…tidak perlu di siram mas, biarkan sungkup tertutup rapat selama akar belum keluar…..di bawah paranet biasanya lebih bagus mas untuk mendapat 50% sebenarnya biasanaya harus di dobel (lapis dua)pasangnya…di bawah pohon juga boleh mas…mohon dibaca cara di atas mas….selamat mencoba!!!

  76. Aidil

    Salam kenal pak Budi,

    Pak seperti penjelasan diatas utk stek jambu ambil pucuk yg dorman atau inaktif, maksudnya itu pucuk yang bisa di stek umur tanaman minimal berapa bulan untuk mendapatkan dorman.
    Terima kasih

    Aidil

    • Dorman/inaktif atau ada yang bilang tidur…
      Biasanya tanaman di masa waktu ini energi yang tersimpan lebih banyak daripada tanaman yang sedang tumbuh. ..ciri tanaman yang sedang “tumbuh” salah satunya adalah sedang keluar daun muda.
      Energi ini yang kita butuh kan ketika kita melakukan penyetekan..
      Dalam praktek nya saya sebenarnya tidak memilah mana yang sedang “tidur”/”aktif”..ini dikarnakan keterbatasan indukan atau mengerjar target.
      Waktu dorman pada tanaman tidak ada batasan umur tanaman pak.
      Umur tanaman yang bisa stek juga tidak ada batasan nya pak, nah jika untuk tanaman buah jika bisa yang pernah berbuah…agar hasilnya sesuai yang kita ingin kan.

  77. ahmed nabawie

    assalamualaikum doc.
    sy mau pesan kedua duanya hormon akar tsb. dan oasis basah..masing masing 1 unit aja doc.
    kira2 berapa biayanya?? sekalian ongkos kirimnya..ntar sy bayarin.. sy di Aceh Tamiang…
    ini no HP sy doc. : 0852–6068–9054, tlg infonya secepatnya doc.

  78. Assalamualakikum pak Budi. saya sudah coba praktekkan stek pake oasis untuk jambu air dan pucuknya saya rendam agak lama. tapi baru 5 hari saya liat daunnya kering. saya simpan ditempat teduh tanpa sungkup dan tanpa kena matahari. apakah karena batang pucuknya terlalu coklat?

    • ada beberapa kasus, stekan jambu air kita tancapkan di media tabulampot kita itu bisa hidup…
      karena jambu air termasuk mudah berakar….coba media nya ganti dengan tanah merah murni siram pagi sore…caranya sama dengan yang ibu lakukan kemarin….selama mencoba

  79. anto

    Terima kasih atas pencerahannya, saya akan coba apa yang bapak sampaikan untuk menyemaikan tanaman pala, God bless you Mr Budis

  80. eri

    mas sistem sungkup bisa pake floral foam gak mas

  81. Din dzek0

    Pak kal0k horm0n akar nya pakek horm0n ROOTONEF bsa gak ya pak???

  82. Rohib

    Lam knal Mas Budi stelah stekan berhasil ditanam di lahan ,,,penyakit yg biasanya menyerang tanaman itu apa aja mas,,cara mengantisipasinya supaya lolos sampai berbuah kira2 ada triknya nggak mas,,? Trims

    • tanaman buah yang sering di serang adalah daun muda, baik ulat atau tungau, indikasi awal adalah adanya kupu kupu , jika kita melihat beberapa kupu kupu itu berarti harus waspada apa lagi di tanaman buah kita ada daun muda, biar aman jika ada daun muda yah kita semprot, dua kali dari awal daun akan tumbuh itu sudah aman….
      jika punya tanaman buah banyak, karena daun muda yang harus diperhatikan, pemangkasan harus serentak (jika dianggap perlu)..

  83. sahlan

    infonya menarik bos….. mau tnya klo pke oasis tp ga pke mistroom gimana bos? mkasih

    • jika pakai oasis tapi tidak pakai mistroom kurang bagus pak, karena sifat oasis cepat menyerap air tapi juga cepat menguap…

  84. sahlan

    info nya menarik bos…. aq pengen blajar, klo pke oasis tpi ga pke mistroom gmna? bsa ga?

  85. di daya sentosa atau sahabat agritama..sepertinya di atas ada alamatnya pak Ady coolman atau bisa tanya om google hehehe..

  86. budi raharto

    Pak Budi Santoso salam kenal. Saya Budi Raharto mau ikut ngrusuhi, nanya : Diameter batang terbesar yg diperbolehkan untuk distek berapa ya Pak ?

  87. budi raharto

    Matur kesuwun Pak Budi.

  88. 7mm masih bisa pak budi..

  89. salam bapak budi,saya mahu bertanya,pokok gaharu apa bisa dibanyakan melalui stek.. ma kasih

  90. saya belum pernah coba pak ismail…

  91. saya rasa tingkat keberhasilanya kecil, karena kemungkinan banyak bakterinya…

  92. bibit mireckle nya ada pak, harga bibit paling kecil berapa?

  93. sudah tidak ada ibu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: